Tutorial membuat aplikasi facebook

April 09, 2016 Unknown 0 Komentar


Pada tutorial pertama yang saya tulis adalah cara membuat apps facebook, karena media sosial (sosmed) facebook sampai sekarang masih menjadi salah satu sosmed yang paling di gemari banyak pengguna. khususnya negara indonesia.

Apa fungsi apps facebook?
Untuk fungsinya sendiri sangat banyak sekali sobat, diantaranya apps facebook bisa untuk update status via access_token aplikasi, ada juga apps facebook bisa digunakan untuk masuk / mendaftar pada sebuah website. Dan masih banyak lagi kegunaan aplikasi facebook sobat.

Pada artikel kali ini saya akan menunjukan cara - cara untuk membuat aplikasi facebook dan nantinya saya juga akan memberikan contoh cara update status menggunakan aplikasi yang sudah kita buat sendiri.

Cara membuat aplikasi facebook
¤ Kamu harus mempunyai facebook pastinya, buka alamat berikut :
    https://developers.facebook.com/apps 
¤ Setelah halaman terbuka kalian klik tombol hijau "add a New app" lalu pilih "website"
¤  Setelah itu klik "Skip and Create App ID" dan lengkapi semua form yang keluar.
¤ Jika berhasil, akan terbuka halaman seperti gambar berikut :

Bagaimana mudah kan cara membuat apps facebook sendiri tetapi tidak semudah membuat surat cinta pada pasangan kita (ahay). Setelah aplikasi sudah terbuat kita pasti akan mendapat App ID yang bisa kamu lihat pada gambar diatas.

Lalu bagaimana cara update status menggunakan aplikasi kita sendiri, sangat mudah sekali kamu lihat code dibawah ini :
https://www.facebook.com/dialog/feed?app_id=468674973331148&display=popup&redirect_uri=https://developers.facebook.com/tools/explorer/callback
Sobat cukup copy dan paste code tersebut dan ganti angka yang berwarna biru dengan apps ID yang sudah kamu buat tadi. berikut hasilya.

Sekian dulu artikel tentang cara membuat aplikasi dan contoh penggunaannya, di artikel berikutnya saya akan memberi contoh yang lain tentang kegunaan aplikasi facebook selain untuk update status. terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca artikel ini. Salam sukses selalu